Cara Memilih Model Baju Batik Kerja Pria dan Wanita

Batik merupakan kekayaan budaya Indonesia yang sudah popular di mancanegara. Batik mempunyai corak yang macam-macam, untuk daerah asalnya pun memiliki corak yang khas, seperti batik dari Yogyakarta, Solo, Cirebon atau Jepara.

Model baju batik juga beragam, seperti model baju batik kerja, baju untuk acara kondangan, bahkan untuk aktivitas sehari-hari. Harga baju batik bermacam-macam berdasarkan bahan, detil motif, dan model baju itu sendiri. Jika dahulu batik identik dengan pakaian untuk orang dewasa, kini anggapan tersebut telah musnah karena batik cocok dikenakan oleh siapa saja dari segala usia.

Baju batik untuk ke kantor dapat menjadi model baju Andalan bagi pria dan wanita. Apalagi dengan model-model yang elegan akan menambah kewibawaan seseorang. Terlebih lagi karena yang dikenakan adalah salah satu kekayaan bangsa yang sudah dipatenkan di dunia internasional.

Model Baju Batik Kerja Guru

gambar-model-baju-batik-kerja-wanitaAdapun cara memilih baju batik kerja sebelum Anda memilihnya yaitu pilihlah bahan yang tepat. Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat karena di kantor tentu Anda akan mendapatkan sedikit tekanan pikiran dan tenaga. Pilih juga bahan yang tidak mudah kusut dan mudah dirapikan.

Pilihlah model baju batik kerja modern jangan asal gaya atau asal tertarik dengan modelnya, Anda perlu memperhatikan kenyamanan baju tersebut. Batik apabila sekali dua kali dicuci mengalami luntur dapat dimaklumi tetapi apabila berkali-kali dicuci masih luntur maka bukan termasuk kualitas yang baik.

Pilihlah bahan yang tidak mudah luntur, baik baju batik untuk pria maupun wanita. Memilih baju batik untuk kantor untuk ukuran lengan panjang atau pendek disesuaikan dengan kebijakan kantor. Jika boleh, maka hal tersebut justru akan menjadi salah satu model yang inovatif.

Model Baju Batik Kerja Wanita Terbaru

Jangan hanya memandang bahwa batik itu selalu lengan panjang. Model baju batik kerja wanita lengan panjang maupun pendek tetap sama-sama bagusnya tergantung dari potongannya. Sebagai rekomendasi, Anda dapat memilih model dengan kancing di bagian depan atas sampai bawah.

Untuk model kerah dapat mengenakan kerah Shanghai, kerah biasa, atau kerah yang bentuknya oval. Anda pun dapat menambahkan pita pada bagian dada atau menambahkan pita mengelilingi pinggang. Apabila ukuran tubuh Anda cukup berisi, pilihlah motif yang ukurannya sedang sampai kecil sebagai sarana untuk membuat tubuh Anda terlihat lebih proporsional.

Model Baju Batik Kerja Wanita Gemuk

Model baju batik kerja lengan panjang maupun lengan pendek tidak akan mudah kusut apabila di dalamnya diberikan furing. Setelah disetrika dan dipakai baju lebih tahan lama dalam kerapian. Beberapa bahan yang biasanya digunakan untuk bahan batik adalah kain katun dan kain sutra.

Kain ini cocok untuk dijadikan baju kantor karena sifatnya yang mudah menyerap keringat. Kain katun juga terbagi menjadi beberapa jenis lagi seperti kain rayon, mori dan sebagainya. Kemudian selain kain katun ada lagi kain sutra. Kain sutra memiliki kualitas yang baik, daya serapnya juga baik tetapi akan lebih cocok digunakan untuk acara-acara seperti pesta.

Adapun rekomendasi memilih model baju batik kerja terdapat beberapa hal yang cukup direkomendasikan. Pertama, pilihlah batik dengan motif garis-garis, geometris karena akan terlihat lebih formal.

Kemudian untuk warnanya akan lebih baik mengenakan warna yang netral dan sesuai dengan waktunya dikarenakan dalam suasana kerja, warna yang direkomendasikan adalah krem, cokelat, atau warna-warna gelap lainnya. Untuk bawahan, pilih warna yang lebih gelap seperti warna hitam, biru tua, atau cokelat tua. Warna-warna ini juga netral yang dapat dipakai sebagai pasangan corak batik lainnya yang masih senada.