Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki dan Tangan

Cara menghilangkan kapalan tidak harus dengan menggunakan obat oles yang mengandung bahan kimia. Bahkan ketika menggunakannya obat tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan jika tertelan sehingga harus sangat berhati-hati.

Sebenarnya ada obat alami ampuh yang bisa digunakan, namun mungkin masih banyak orang yang belum tahu akan hal ini, sehingga lebih senang menghilangkan kapal dengan menggunakan obat tersebut.

Meskipun kulit yang kapalan tidak terasa saat di iris, namun sebaiknya jangan melakukan ini, karena dapat menimbulkan luka yang kemudian bisa menyebabkan infeksi. Maka jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki keluhan tersebut, sebaiknya gunakan obat tradisional sebagai berikut.

Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan dan Kaki

cara-menghilangkan-kapalan-di-telapak-tangan-kaki

1. Sabun krim dan kapur sirih

Perpaduan dua bahan ini bisa menjadi cara menghilangkan kapalan di tangan. Kapur sirih yang biasa disebut dengan gamping ini akan membuat kulit tangan dan kaki Anda mulus kembali. Bahkan perpaduan kedua bahan ini mampu menyembuhkan mata ikan dengan baik hingga ke akarnya.

Caranya campurkan kedua bahan dengan perbandingan yang sama, kemudian oleskan pada kulit yang kapalan. Biarkan krim yang Anda buat ini menempel pada kulit yang kapalan selama kurang lebih 2 jam atau hingga kulit melunak. Jika kulit yang kapalan tersebut telah melunak, sikat secara perlahan dan lihat perbedaannya.

2. Kulit nanas

Cara menghilangkan kapalan di kaki bisa dilakukan dengan menggunakan kulit nanas. Karena nanas mengandung enzim yang mampu bekerja secara efektif untuk melembutkan kulit yang menebal dan mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya, rendam kaki selama kurang lebih 20 menit, kemudian lap dan keringkan.

Lalu, tempelkan kulit nanas yang telah dikupas pada bagian dalamnya, agar bisa menempel terus, rekatkan dengan menggunakan plester untuk luka. Dan biarkan kulit nanas ini menempel pada kulit yang kapalan semalaman. Setelah pagi, buka perlahan dan rendam kembali. Lakukan berturut-turut selama 4 hari, kemudian gosok bagian kapalan dengan menggunakan batu apung secara perlahan.

3. Getah Kamboja

Anda tentu tahu bunga Kamboja bukan? Bunga ini sering ditanam di area pemakaman dengan warna putih dan kuning pada bagian tengahnya. Anda juga perlu tahu bahwa ternyata getah bunga Kamboja ini juga memiliki khasiat sebagai cara menghilangkan kapalan di telapak tangan.

Caranya sangat mudah, ambillah getah Kamboja sebanyak yang Anda perlukan, kemudian teteskan atau oleskan getah Kamboja ini pada kulit telapak tangan atau kaki yang terkena kapalan. Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka kapalan yang Anda alami akan segera hilang dan kulit menjadi halus.

4. Scrubbing

Untuk membuat kulit menjadi lebih lembut dan tidak mengeras lagi, maka Anda harus melakukan scrubbing secara teratur. Lakukan scrubbing ini hanya dengan menggunakan bahan alami. Anda bisa membuat scrub dengan menggunakan buah pepaya yang dicampur dengan garam untuk merontokkan sel-sel kulit mati tersebut. Cara menghilangkan kapalan di telapak kaki dengan scrub ini sebaiknya dilakukan secara teratur untuk hasil yang terbaik.

5. Air Garam

Air garam memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan dapat mengobati penyakit kulit. Selain itu bahan yang dibutuhkan juga mudah, sudah pasti di rumah ada garam dan air bukan. Cara menghilangkan kapalan pada tangan dan kaki dengan mudah yaitu menggunakan air garam. Dengan merendam kaki atau tangan pada air garam kemudian menggosokan batu apung pada kulit yang kasar atau kapalan. Lakukan hal ini setiap hari untuk mengisi waktu luang anda.

6. Minyak Zaitun atau Baby Oil

Minyak Zaitu memang sangat ampuh untuk mengatasi kulit bermasalah termasuk telapak tangan dan kaki. Terlebih cara penggunaannya yang lebih mudah, hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada telapak kaki atau tangan yang kapalan sebelum tidur. Diamkan semalaman kemudian bersihkan keesokan paginya. Jika dirumah tidak ada minyak zaitun dapat diganti dengan baby oil.

7. Ampas Kopi

Kopi mengandung kafein yang baik untuk membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. gunakan ampas kopi sebagai scrub yang ampuh untuk menghilangkan kapalan pada telapak kaki dan tangan. Ketika anda menikmati secanngkir kopi jangan buang ampas kopinya. gunakan sebagai scrub dengan melakukan message secara melingkar menggunakan ampas kopi untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan telapak kaki serta tangan yang kapalan.

Kapalan yang terjadi pada tangan dan kaki ini umumnya disebabkan karena penebalan pada kulit yang sebenarnya adalah sel kulit mati. Sedangkan yang banyak hal yang bisa menjadi pemicunya antara lain adalah karena gesekan atau tekanan benda keras yang terjadi secara berulang-ulang dan sering. Contohnya antara lain karena mengendarai motor maka penebalan akan terjadi pada telapak tangan namun cara menghilangkan kapalan di atas bisa menjadi solusinya.