Cara Merawat Rambut Rebonding Anda Tetap Sehat

Untuk mendapatkan rambut yang cantik dan mempesona, banyak sekali para wanita yang melakukan perawatan ke salon untuk merawat rambut mereka. Bahkan tak jarang mereka melakukan proses pelurusan rambut sebagai upaya mempercantik rambut agar mampu mengikuti tren rambut terkini.

Salah satu cara meluruskan rambut adalah dengan melakukan proses rebonding. Akan tetapi efek obat kimia pelurus rambut membuat rambut yang direbonding memiliki resiko kerusakan yang tinggi. Dengan melakukan cara merawat rambut rebonding akan mengurangi efek obat pelurus yang bisa mengakibatkan kerusakan pada rambut.

Rebonding rambut merupakan salah satu teknik pelurusan rambut. Teknik ini merupakan cara instan dalam mengubah rambut yang keriting atau ikal menjadi lurus. Namun, obat pelurus yang digunakan dalam jumlah yang banyak akan membuat rambut menjadi rusak dan bisa menyebabkan kerontokan yang parah jika tidak dilakukan perawatan yang benar. Beberapa kasus juga memperlihatkan hasil rambut rebonding yang kaku karena tidak mendapatkan nutrisi yang mempertahankan kelembaban rambut pasca dilakukan proses rebonding.

Cara Merawat Rambut Rebonding Agar Tahan Lama

cara-merawat-rambut-rebonding-secara-alami

Dengan tips yang akan kami berikan berikut ini akan membantu Anda dalam melakukan perawatan rambut pasca rebonding yang Anda contek dan praktekkan sebagai upaya perawatan rambut sehari-hari Anda di rumah. Berikut cara perawatan rambut pasca direbonding agar tidak memiliki kerusakan yang parah, diantaranya sebagai berikut:

1. Gunakan shampo khusus

Bagi Anda yang telah melakukan proses rebonding, untuk mempertahankan rambut lurus diperlukan cara merawat rambut rebonding agar tahan lama yaitu dengan menggunakan shampoo yang khusus ditujukan bagi rambut rebonding atau untuk rambut lurus. Dengan menggunakan shampoo khusus, maka rambut hasil rebonding Anda akan menjadi lebih tahan lama dan lebih terawat dengan formula khusus shampoo tersebut.

2. Gunakan conditioner rambut

Rambut hasil proses rebonding cenderung memiliki rambut yang kering akibat obat pelurus rambut dan catokan berkali-kali yang membuat kelembaban rambut menjadi berkurang. Oleh karena itu, untuk mengurangi kerusakan rambut akibat rebonding dengan cara merawat rambut rusak akibat rebonding diperlukan penggunaan conditioner secara rutin. Conditioner akan memberikan rambut Anda kelembaban sehingga rambut akan selalu terjaga kesehatannya.

3. Berikan vitamin rambut

Untuk mencegah kerusakan rambut akibat proses rebonding, perawatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan vitamin rambut. Vitamin rambut akan memberikan nutrisi pada rambut yang telah direbonding dan juga untuk merawat rambut agar tidak terjadi kerontokan yang parah akibat proses rebonding. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan rambut yang sehat dan ternutrisi setelah proses rebonding.

4. Hindari pewarna rambut

Lakukan hal ini sebagai cara merawat rambut setelah rebonding, terkadang kita lupa bahwa rebonding menggunakan bahan kimia yang keras, begitu pun dengan pewarna rambut. Dengan mempertemukan kedua bahan ini hanya akan membuat rambut menjadi rusak dan kaku. Anda tidak ingin bukan, rambut Anda terlihat kaku karena mencampurkan bahan pewarna rambut setelah Anda melakukan rebonding. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pewarna rambut setelah Anda melakukan proses rebonding.

5. Gunakan pelurus rambut alami sebagai pengganti catok

Rambut rebonding akan cenderung lebih cepat rusak ketikan terkena alat pencatok rambut secara terus menerus. Anda bisa menggunakan ramuan alami sebagai cara merawat rambut rebonding secara alami untuk mempertahankan rambut tetap menjadi lurus. Anda bisa menggunakan campuran papaya dan pisang sebagai ramuan pelurus rambut alami yang bisa Anda gunakan untuk mempertahankan rambut lurus Anda.

6. Menggunakan Masker alami sebagai penetralisir efeknya

Penggunaan bahan kimia dan perallatan pemanas rambut secara berjam-jam saat proses rebonding pasti akan menimbulkan efek buruk pada rambut anda. Untuk itu anda dapat menggunakan masker alami seperti santan, air kelapa, susu atau minyak zaitun. Dengan menggunakan masker tersebut secara rutin minimal seminggu sekali untuk merawat rambut anda. Sehingga efek dari rebonding tersebut tidak akan langsung merusak rambut anda karena telah di netralkan oleh masker alami tersebut.

7. Menggunakan bantal berbahan sutra atau satin

Bantal yang terbuat dari bahan sutra atau satin ini dapat mengurangi kusut pada rambut saat anda tertidur. Sehingga rambut anda akan tetap rapih meski tidur tanpa rambut diikat. Selain itu bantal berbahan sutra atau satin ini dapat mengurangi keriput pada wajah sehingga anda akan terlihat lebih awet muda.

Demikianlah cara merawat rambut rebonding yang memerlukan perhatian dan perawatan ekstra untuk mencegah rambut rebonding mengalami kerusakan setelah proses pelurusan rambut secara instan tersebut. Setelah penggunaan bahan kimia karena proses rebonding ini maka rambut sebaiknya di istirahatkan dari bahan kimia dan alat pemanas rambut. Minimal 3 bulan kemudian bar boleh menggunakan bahan kimia lagi, terlalu banyak bahan kimia yang menumpuk pada rambut anda juga akan merusak kesehatan rambut.