Cara Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab Sesuai Saran Dokter

Cara merawat rambut untuk wanita berhijab merupakan salah satu hal yang paling banyak ditanyakan oleh para wanita. Nah bagi Anda wanita berhijab, artikel kali ini akan membahas mengenai solusi yang tepat mengatasi masalah rambut untuk wanita berhijab. Untuk lebih jelasnya, simak saja artikel di bawah ini.

 Jika rambut bercabang dan ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dialami, namun berbeda dengan wanita berhijab. Rambut wanita berhijab memiliki masalah yang lebih kompleks, maka jangan heran jika tak sedikit wanita berhijab yang mengeluh karena masalah rambut yang mereka alami. Beberapa masalah rambut yang sering dialami adalah rambut rontok, mudah lepek, bau dan juga gatal.

Jika tak segera diatasi beberapa masalah tersebut juga dapat mengganggu kita dalam sehari-hari. Untuk mengatasi hal tersebut banyak sekali hijabers yang memilih shampo khusus untuk wanita berhijab. Namun tahukah Anda, menggunakan shampo khusus wanita berhijab saja belum cukup?

Anda juga perlu memperhatikan hal lainnya untuk menunjang perawatan dan kecantikan rambut meskipun menggunakan jilbab. Lantas bagaimana cara yang tepat? Daripada penasaran dan bingung, berikut adalah cara yang tepat merawat rambut wanita berhijab sesuai dengan saran dokter.cara merawat rambut wanita berhijab

Cara Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab yang Benar dan Tepat

Mencuci Rambut Secara Teratur dan Rutin

Mencuci rambut atau berkeramas merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh semua orang. Hal ini dilakukan bertujuan agar rambut tetap bersih dan sehat. Akan tetapi beberapa wanita berhijab biasanya akan malas mencuci rambut karena rambut tertutup jilbab dan tidak terpapar polusi. Namun dokter kulit Amaranila Lalita Drijono, Sp. KK tidak berpendapat demikian.

Baca juga tips merawat rambut yang benar dan tepat tanpa harus sering pe ke salon

Menurut dr. Amaranila tidak ada bedanya frekuensi mencuci rambut wanita berhijab dan tidak. Padahal kondisi rambut yang tertutup dapat membuat rambut bemrinyak lebih cepat. Sehingga sangat penting sekali mencucui rambut secara rutin dan teratur.

dr Amaranila menyarankan mencuci rambut dua kali sehari untuk mengurangi rambut bemrinyak, dan sebaliknya mencuci rambut terlalu sering sangat tidak dianjurkan. Sebab hal tersebut dapat membuat rambut kering dan bisa menyebabkan iritasi.

Gunakan Kerudung yang Tepat

Yang kedua adalah dengan menggunakan kerudung yang tepat. Selain mencuci rambut, hal terpenting saat mengenakan kerudung adalah pemilihan bahan yang tepat. Menurut Amaralina, kerudung yang dapat menyerap keringat sangat disarankan. Tak hanya dapat menyerap keringat, kerudung tersebut juga dapat membuat kulit kepala nyaman dan sirkulasi udara pun tetap baik. Sehingga hal ini tidak akan membuat kulit kepala gatal dan ketombean.

Sebaiknya Anda menghindari jilbab yang bertumpuk, sebab jilbab bertumpuk dapat menghalangi sirkulasi udara pada rambut. Jika terkesan kurang fashionable, Anda bisa menonton beberapa tutorial jilbab simpel yang ada di internet. Sangat mudah bukan?

Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat. Hal ini mungkin sudah diketahui oleh semua orang, namun tak jarang banyak orang pula yang mengabaikannya. Oleh karena itu pastikan Anda memilih produk perawatan sesuai dengan kondisi rambut. Cara merawat rambut yang satu ini bertujuan agar rambut tetap sehat dan berkilau.

Sebagai contoh yaitu jika rambut Anda berketombe dan berminyak,  hindari memilih produk yang juga mengandung bahan minyak. Jika kondisi rambut kering, tak apa jika Anda menggunakan produk yang berbasis minyak. Atau jika ingin aman, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi masalah rambut.

Beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan antara lain minyak zaitun, alpukat, pisang, minyak kemiri, minyak kelapa, seledri, madu, putih telur dan masih banyak lagi. Masker rambut alami tersebut tentu saja dapat membuat rambut Anda lebih sehat dan lebat.

Buka Kerudung Saat Istirahat

Setelah beraktivitas seharian, manfaatkan waktu istirahat Anda untuk melepas kerudung. Tak hanya kerudung, lepas juga ikatan rambut Anda. Hal ini bertujuan agar rambut bisa beristirahat dan bernapas. Anda bisa melepas kerudung di kamar mandi ataupun di ruangan yang sepi. dr Amaranila juga menyarankan untuk potong rambut pendek bagi wanita berhijab.

Sesampainya di rumah, jangan lupa untuk membuka kerudung dan ikatan rambut.  Sebab terlalu lama menguncir rambut lama-kelamanaan dapat membuat rambut rusak dan mudah rontok. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memotong pendek rambut, sehingga rak ada alasan untuk menguncir rambut secara terus menerus.

Jika Anda waktu, tak ada salahnya untuk melakukan perawatan rambut dengan beberapa bahan alami yang sudah dijelaskan pada point di atas. Untuk caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan beberapa bahan alami tersebut lalu oleskan pada rambut, tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu Anda bisa membilasnya hingga bersih.

Baca juga cara memakai jilbab turban untuk wajah bulat lengkap dengan tipsnya

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat rambut wanita berhijab sesuai saran dokter.