Faktor Penyebab Pori-pori Membesar yang Perlu Diketahui

By Categories : Merawat Wajah

Penyebab pori-pori membesar adalah salah satu hal yang harus diketahui. Sebab dengan begitu, kita lebih mudah mencegahnya. Nah apakah Anda juga sedang mencari apa saja hal yang menyebabkan pori-pori semakin membesar? Jika iya, simak saja ulasan berikut ini. Sebab kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang mulus, sehat dengan pori-pori kecil? Hampir setiap orang pastinya menginginkan hal tersebut. Maka jangan heran jika para wanita akan melakukan apa saja untuk memiliki kulit wajah yan mereka inginkan. Selain jerawat dan komedo sebenarnya ada hal lain yang dapat menganggu percaya diri seseorang, yaitu pori-pori wajah yang membesar.

Seperti yang kita ketahui, pori-pori wajah yang membesar tak hanya dapat membuat minyak semakin banyak, namun hal ini juga dapat membuat make up yang kita terapkan lebih mudah luntur dan tidak menempel dengan baik. Selain itu, pori-pori wajah yang besar juga dapat menyebabkan debu dan polusi lebih mudah masuk dan terperangkap di dalamnya. Sehingga, wajah akan lebih mudah berjerawat.

Namun Anda tak perlu khawatir, dengan mengetahui apa saja penyebab dari pori-pori wajah membesar Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mudah. Terkadang penyebab pori-pori wajah yang besar juga disebabkan karena kebiasaan buruk yang kita lakukan. Nah untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan berikut ini.penyebab-pori-pori-wajah-membesar

Inilah Penyebab Pori-pori Membesar yang Perlu Diketahui

Sering Menyentuh Wajah Seharian

Yang pertama adalah sering menyentuh wajah seharian. Perlu Anda ketahui bahwa terlalu sering menyentuh wajah dapat merangsang pori-pori membesar. Selain itu, sering menyentuh wajah juga dapat meningkatkan produksi minyak, bakteri serta virus yang berhubungan langsung dengan pembesaran pori-pori.

Baca juga cara menghindari efek samping dari facial wajah

Sering Memencet Jerawat dan Pori-pori

Yang kedua adalah sering memencet jerawat dan pori-pori. Semakin Anda memencet, menekan dan menggaruk kulit. Hal ini dapat menyebabkan formasi garis halus, kemerahan dan juga iritasi. Oleh karena itu, ketika sedang berjerawat sebaiknya Anda membiarkannya hingga kering. Hindari memencet jerawat yang sudah meradang sebab hal ini juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya.

Terlalu Sering Facial

Tahukah Anda bahwa terlalu sering facial justru dapat membuat pori-pori wajah tampak lebih besar? Ya, kita seringkali beranggapan bahwa facial di klinik kecantikan bisa membersihkan komedo dan sumbatan pori-pori. Hal tersebut memang benar, namun jika dilakukan terlalu sering juga tidak terlalu baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, pastikan terapis kecantikan yang menangani Anda hanya membersihkan bagian yang tersumbat saja, bukan seluruh pori-pori.

Berjerawat Saat Remaja

Penyebab berikutnya adalah karena berjerawat saat remaja. Seperti yang kita ketahui saat puberta, para remaja seringkali mengalami masalah kulit salah satunya jerawat. Hal ini dikarenakan produksi hormon dan sebum yang berlebihan, sehingga minyak menyumbat pori-pori dan mengakibatkan jerawat. Ketika sudah dewasa, jerawat akan hilang namun biasanya akan meninggalkan bekas serta pori-pori tampak membesar.

Untuk mengecilkan pori-pori akibat hal ini, Anda bisa melakukan perawatan dengan beberapa metode, salah satunya yaitu dengan terapi penyinaran photodynamic therapy. Sebelum melakukan perawatan, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit atau tenaga ahli di bidang dermatologi untuk mendapatkan perawatan yang paling sesuai.

Menggunakan Make up Tebal

Penyebab pori-pori membesar selanjutnya adalah terlalu sering menggunakan make up tebal. Sebagian besar wanita akan melakukan apa saja untuk menutup pori-pori yang besar, salah satunya yaitu dengan menggunakan make up tebal. Padahal, menggunakan make up yang terlalu tebal justru dapat menyumbat pori-pori. Sehingga dapat membuatnya semakin membesar.

Untuk mengatasi hal ini, gunakanlah make up seminimalis mungkin. Jika memang harus menggunakan riasan tebal karena ingin menghadiri acara khusus, oleskan primer terlebih dahulu sebelum foundation. Primer yang Anda gunakan, akan membentuk lapisan tipis yang dapat mencegah riasan langsung mengenai wajah sekaligus dapat menyamarkan tampilan pori-pori.

Baca juga inilah primer make up yang bagus untuk kulit berminyak

Tidak Membersihkan Make up

Tidak atau lupa membersihkan make up juga merupakan penyebab yang perlu Anda ketahui. Sebab meskipun sudah banyak orang yang mengetahuinya, namun kebiasaan ini seringkali dilakukan. Tak hanya masalah pori-pori wajah saja, tidak membersihkan make up secara teratur, terutama sebelum tidur dapat menambah masalah pasa kesehatan kulit, seperti jerawat dan pastinya pori-pori akan semakin membesar.

Tidak Melakukan Pengangangkatan Sel Kulit Mati

Tidak melakukan pengangkatan sel kulit mati atau exfoliasi dapat membuat pori-pori semakin membesar. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan proses ini dua kali seminggu untuk membersihkan wajah dari minyak serta debu.

Nah itulah beberapa penyebab pori-pori membesar yang perlu Anda ketahui. setelah mengetahui penyebab tersebut, pastinya Anda lebih mudah dalam merawat wajah.