Inilah Cara Merawat Kulit Kering Ketika Puasa yang Tepat

Cara merawat kulit kering sebenarnya gampang-gampang susah. Terlebih jika pada bulan ramadhan, pastinya kulit membutuhkan nutrisi ekstra untuk mempertahankan kelembabannya. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawatnya. Sebelum masuk ke dalam inti artikel, simak ulasan berikut ini.

Bulan suci Ramadhan adalah bulan di mana para umat muslim akan berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala. Hal ini dikarenakan pada bulan ini pahala akan dilipat gandakan. Selain menunaikan ibadah sholat waktu, umat muslim juga diwajibkan untuk melaksanakan puasa Ramadhan. Namun selama kita berpuasa tubuh pastinya akan kekurangan cairan. Padahal air merupakan salah satu zat yang harus terpenuhi di dalam tubuh.

Seperti yang Anda ketahui ada beberapa hal yang disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan air, mulai dari gangguan pencernaan, kekentalan darah hingga menyebabkan kulit menjadi kering, kusam dan kasar. Jika seseorang pada dasarnya memiliki kulit kering, hal ini tentu saja cukup berbahaya. Karena kulit kering dapat menyebabkan pecah-pecah dan bahkan iritasi.cara merawat kulit kering ketika puasa

Meskipun sedang berpuasa, Anda masih tetap harus mencukupi kadar air yang ada di dalam tubuh. Perawatan kulit juga harus dilakukan dari dalam dan luar tubuh. Nah daripada Anda penasaran, langsung saja berikut adalah cara paling efektif untuk merawat kulit kering ketika puasa yang benar dan tepat.

Cara Merawat Kulit Kering dan Bersisik Selama Berpuasa

Minum Air Putih Secara Teratur

Yang pertama adalah dengan minum air putih secara teratur. Sudah dijelaskan tadi bahwa dehidrasi dapat membuat kulit tampak kering dan kusam. dr Gloria Novelita, SpKK menyarankan untuk mengonsumsi minum air putih secara teratur pada saat buka puasa dan sahur. Pastikan Anda minum air putih lebih dari 8 gelas dalam setiap harinya agar kulit tetap lembab meskipun sedang berpuasa.

Baca juga

Konsumsi Buah Kaya Vitamin A

Selain air putih, mengonsumsi buah kaya vitamin A pada saat sahur dan buka puasa juga merupakan cara ampuh untuk mengatasi dan merawat kulit kering dan bersisik. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda bisa memanfaatkan buah-buahan tersebut sebagai menu makanan berbuka puasa dan sahur. Sumber vitamin A alami yang dapat Anda konsumsi adalah stroberi, apel, pisang dan lainnya.

Konsumsi Buah Kaya Vitamin C

Pastinya sudah banyak orang yang mengetahui bahwa vitamin C memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dr Gloria menyatakan bahwa kandungan vitamin C yang Anda konsumsi dapat membuat kulit tampak lembab dan cerah. Buah kaya vitamin C yang dapat Anda konsumsi antara lain buah kiwi, jeruk, mangga, tomat dan lainnya. Tak hanya vitamin C, Anda juga harus mencukupi asupan vitamin E yang bisa didapatkan dari segala macam biji-bijian dan kacang-kacangan.

Hindari Menu Makanan Berat Saat Berbuka

Cara merawat kulit kering ketika puasa selanjutnya adalah dengan menghindari menu makanan berat saat berbuka. Ketika buka puasa, sebaiknya hindarilah menu makanan berat. Tapi sebaiknya Anda berbuka secara bertahap, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang manis seperti kurma, kolak ataupun minuman manis lainnya. Namun ingat, jangan berlebihan. Setelah itu Anda bisa menunaikan ibadah sholat terlebih dahulu sebelum mengonsumsi menu makan lainnya. Selain dapat membuat kulit lebih sehat, hal ini tentu saja dapat membuat kesehatan tubuh akan tetap terjaga.cara merawat kulit kering

Atur Menu Makan Sahur dan Berbuka

Ketika makan sahur dan buka puasa, pastikan Anda memilih makanan sehat yang tidak merugikan kesehatan tubuh dan kulit. Sebaiknya hindari makanan yang berupa daging olahan ataupun minuman bersoda ketika sahur ataupun buka puasa. Meskipun makanan-makanan tersebut sangatlah cepat dihidangkan, namun makanan tersebut juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit. Oleh karena itu Anda harus menghindarinya.

 Gunakan Lotion

Jika perawatan dari dalam tubuh telah terpenuhi, Anda juga harus memenuhi perawatan dari luar untuk memaksimalkan kesehatan kulit. Untuk kulit tubuh, Anda bisa mengenakan lotion khusus kulit kering agar lebih lembab. Sedangkan untuk pelembab wajah pilihlah pelembab yang berbentuk creamy. Karena, jika dibandingkan dengan pelembab wajah dalam bentuk lotion, bentuk creamylah yang paling ampuh untuk membuat wajah tampak lembab dan sehat.

Hindari Panas Matahari

Selain dapat mengdehidrasikan tubuh, panas dari sinar matahari juga dapat membuat kulit tampak kering dan kusam. Tidak menutup kemungkinan jika bulan puasa mengharuskan seseorang untuk bekerja di lapangan. Jika memang Anda bekerja di lapangan dan sering terpapar sinar matahari, sebaiknya gunakanlah sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Agar kulit tetap terjaga, pakailah pelindung kepala dan kenakanlah pakaian berlenngan panjang ketika beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga cara mengatasi kulti wajah kering kasar mengelupas

Nah itulah beberapa cara merawat kulit kering ketika puasa yang benar dan tepat.