Jenis Eyeliner dan Cara Memakai Eyeliner Sesuai Bentuk Mata

Cara memakai eyeliner sebenarnya gampang-gampang susah. Sebelum Anda mengetahui caranya, tak ada salahnya jika Anda mengetahui macam-macam eyeliner yang biasa digunakan. Daripada penasaran, simak artikel berikut ini.

Make up merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap wanita untuk memiliki wajah yang sempurna dan untuk menutup kekurangan pada wajah. Selain foundation, lipstik, blush on dan maskara ada satu lagi perlengkapan make up yang sering digunakan para wanita, yaitu eyeliner. Eyeliner yang digunakan memiliki fungsi untuk membuat mata terlihat indah, tegas dan lebih hidup.

Bagi seseorang yang sudah terbiasa menggunakan eyeliner pastinya sudah mengetahui jenis eyeliner itu sendiri. Namun bagi seorang pemula tentu saja ulasan tersebut sangatlah penting. Lantas apa saja jenis dari eyeliner? Berikut ulasannya.cara memakai eyeliner

1. Eyeliner Bentuk Pensil

Yang pertama adalah eyeliner pensil. Bagi Anda yang seorang pemula sangat cocok menggunakan eyeliner yang berbentuk pensil ini. Karena menggunakan eyeliner pensil sangatlah mudah dan lebih praktis. Eyeliner ini juga dapat memberikan kesan natural dan alami pada penampilan Anda.

2. Eyeliner Bentuk Gel

Yang kedua adalah eyeliner dengan bentuk gel. Sama seperti eyeliner pensil, eyeliner ini juga sangat mudah digunakan. Hanya saja dalam pengaplikasiannya tidak semudah eyeliner pensil. Agar tidak mudah luntur dan tahan lama, plihlah eyeliner yang waterproof atau tahan air.

3. Eyeliner Cair

Jika dibandingkan dengan eyeliner pensil dan gel, eyeliner cair tidak cocok digunakan oleh pemula karena dalam pengaplikasiannya sangatlah sulit. Sehingga perlu sedikit usaha dalam menggunakan eyeliner jenis ini.

Nah itulah beberapa jenis eyeliner yang perlu diketahui, lantas bagaimana cara memakainya? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Inilah Cara Memakai Eyeliner yang Tepat Sesuai Bentuk Mata

Mata Turun

Seorang wanita yang memiliki mata turun ditandai dengan bentuk mata yang turun pada bagian ujung luar sehingga mata akan terlihat sayu seperti orang ngantuk. Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan eyeliner.

Dalam menerapkan eyeliner, fokuslah pada ujung luar garis mata, lalu gambarlah eyeliner dengan tarikan garis yang mengarah ke atas. Sedangkan pada bagian bawah Anda bisa menggambar eyeliner dengan garis tipis untuk menambah efek tegas pada mata. Menerapkan teknik eyeliner ini dapat membuat mata terlihat lebih tajam dan naik.

Baca juga cara meniruskan pipi tembem paling mudah dengan teknik make up berikut ini

Mata Sipit

Seorang wanita yang memiliki bentuk mata turun umumnya masih memiliki lipatan mata. Namun seorang wanita yang bermata sipit biasanya hampir tidak memiliki lipatan mata. Eyeliner yang Anda gunakan juga dapat memberikan kesan mata lebih besar.

Caranya aplikasikan eyeliner tepat di atas garis bulu mata yang agak tebal agar tetap terlihat ketika Anda membuka mata. Untuk membuat mata agar lebih tajam, Anda bisa mencoba menggambar eyeliner dengan bentuk cat eye yaitu dengan ujung yang melebar dan sedikit naik ke atas.cara menggunakan eyeliner

Mata Bulat

Beruntunglah Anda jika memiliki bentuk mata yang satu ini karena cara memakai eyeliner untuk mata bulat sangatlah mudah. Hal ini dikarenakan bentuk mata bulat adalah bentuk mata sempurna sehingga Anda bebas ketika ingin mengaplikasikan eyeliner. Agar terlihat lebih natural dan minimalis, Anda bisa mengaplikasikan eyeliner dengan tipis pada garis mata. Namun jika Anda ingin memberi efek lebih panjang pada mata, Anda bisa menarik garis yang lebih panjang ke arah luar dan membentuknya seperti sayap.

Dandanan seperti ini sangat cocok diaplikasikan ketika Anda ingin menghadiri acara-acara formal seperti pesta pernikahan, wisuda ataupun resepsi. Namun jika hanya untuk pergi kuliah, kerja ataupun ke mall, Anda bisa mengaplikasikan eyeliner yang natural dan minimalis agar terlihat lebih menarik.

Mata Asimetris

Sama seperti namanya, seseorang yang memiliki bentuk mata asimetris pastinya bentuk kedua mata yang tidak sama. Misalnya, mata sebelah kiri lebih turun daripada mata sebelah kanan. Namun Anda pun tak perlu khawatir, karena Anda bisa menyiasatinya dengan eyeliner.

Caranya sangat mudah, gambarlah eyeliner dengan posisi yang agak naik pada mata yang lebih turun. Referensi bentuk eyeliner yang dapat diaplikasikan adalah eyeliner yang dibentuk menyerupai mata kucing. Bentuk mata kucing tersebut dapat membuat kedua mata Anda terlihat lebih simetris atau sama.

Mata Menonjol

Tak jarang ada wanita yang memiliki bentuk mata menonjol. Dikatakan memiliki mata menonjol karena bola mata sedikit menonjol keluar dari rongga mata. Hal tersebut tentu saja dapat membuat kelopak mata Anda terlihat lebih besar.

Untuk memberikan kesan kelopak mata yang lebih kecil Anda bisa menyiasatinya dengan menerapkan eyeliner yang tebal pada bagian atas bulu mata. Cara tersebut dapat membuat mata Anda tampak indah dan proporsional.

Baca juga tutorial make up natural agar terlihat cantik saat lebaran

Demikianlah ulasan mengenai jenis eyeliner dan cara memakai eyeliner yang tepat sesuai dengan bentuk mata.