Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Merusak kesehatan Mata

Mata adalah indra yang sangat penting bagi manusia. Dengan mata, manusia dapat melihat dan menikmati indahnya pemandangan di sekitarnya. Karena itu, menjaga kesehatan mata wajib dilakukan agar aktivitas hidup tidak terganggu. Penyakit atau gangguan pada mata, selain karena degenerasi, yakni makin tinggi usia seseorang akan meningkatkan gangguan pada mata, dan juga bisa disebabkan oleh hal-hal lain, seperti pola makanan yang kurang benar, lingkungan hidup, kebiasaan pola hidup yang buruk, ras atau keturunan genetik.

mata

Banyak gangguan mata yang dapat kita temui di masyarakat kita seperti, mengalami kelainan mata miopia, hipermetropia, astigmatisma atau selinder dan anisometropia. Mungkin kita pernah melakukan kegiatan menonton televisi atau komputer terlalu dekat dan lama, membaca dengan cahaya redup atau membaca sambil tiduran, hal semacam ini akan menjadi penyebab umum mata kita menjadi terganggu kesehatanya. Meskipun ada juga penyakit mata disebabkan oleh faktor keturunan. Namun, sampai saat ini faktor keturunan belum dapat dipastikan dengan jelas memiliki pengaruh yang besar terhadap penyakit mata. Gejala saat mata mengalami gangguan bukan hanya sekedar penglihatan menjadi kabur, namun disertai rasa sakit kepala yang tidak tertahankan.

Kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak kesehatan mata di antaranya :

  1.  Menggosok atau mengucek mata
    Ketika mata gatal atau terkena debu, kita sering menggosok dan mengucek mata dengan bertujuaan saat di gogok atau mengucek mata rasa gatal akan hilang, tetapi pada kenyataannya malah dapat membahayakan kesehatan mata itu sendiri. Ketika kita menggosok dan mengucek mata terlalu keras, maka pembuluh darah kecil pada bagian bawah mata akan pecah dan hal seperti ini mampu menimbulkan lingkaran gelap di bawah mata atau bengkak. Jika hal seperti ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama maka akan lebih parah dan dapat melemahnya kemampuan kelopak mata untuk berkedip.
  2.  Merokok
    Bagi perokok aktif hal seperti ini tidak baik untuk kesehatan mata, mungkin bisa dibilang bahwa kandungan di dalam rokok tidak memiliki manfaat untuk kesehatan. Gangguan kesehatan mata yang disebabkan oleh asap rokok seperti resiko katarak, degenerasi makula, uveitis, mata kering, diabetes retinopati dan kebutaan.
  3. Kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh
    Penuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita dengan makan-makanan yang sehat yang mengandung vitamin dan mineral yang banyak terkandung dari buah dan sayur.
  4. Kurangnya waktu tidur
    Kebiasaan yang sering dilakukan di kalangan seseorang adalah bergadang. Hal semacam ini di anggap sepele tapi berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan otak, dan juga daapat berperngaruh besar terhadap kesehatan mata kita. Ketika mata kita lelah setelah melakukan aktivitas sehari-hari, maka mata juga perlu istirahat, yakni dengan cara tidur yang cukup. Karena apabila melakukan aktivitas secara terus menerus akan berakibat mata menjadi merah, pedih, pandangan mata menjadi kabur, kering dan dapat menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata
  5. Kurangnya pencahayaan saat membaca
    Saat kita membaca dengan pencahayaan yang kurang, hal ini dapat memaksa kemampuan lensa mata untuk menebal dan menipis dan pupil dipaksa berdilatasi yang akan membuat mata cepat lelah. jika hal ini di lakukan secara terus-menerus maka akan menimbulkan kerusakan pada mata. Dan begitu pula dengan membaca dengan pencahayaan yang sangat terang juga tidak baik untuk kesehatan mata, karena dapat menyilaukan mata kita.
  6. Perawatan lensa mata yang kurang bersih
    Sebagian orang lebih menyukai penggunaan lensa mata dari pada kacamata. Karena lensa mata yang prakis dalam penggunaannya, juga dapat memperngaruhi tampilan lebih elegan kepada pemakianya. Jika kita tidak melakukan perawatan lensa mata dengan benar, bisa menyebabkan iritasi pada mata. Sebelum menggunakan dan merawat lensa sebaiknya cuci dan keringkan tangan terlebih dahulu. Lepas lensa mata sebelum tidur, karena dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi mata.
  7. Membaca dengan posisi tidur
    Membaca dengan posisi tiduran salah satu perilaku yang tidak baik untuk kesehatan mata. Karena jarak baca yang tidak ideal antara buku ke mata yang sulit diatur. Hal ini dapat mengakibatkan mata menjadi lelah dan pegal. jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka dapat mempengaruhi kesehatan mata.
  8. Terlalu lama di depan layar komputer
    Saat kita di depan layar komputer terlalu lama akan mengakibatkan mata menjadi lelah dan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mata lainnya, Hal ini disebabkan dari radiasi yang di pancarkan oleh layar komputer.
  9. Tidak memakai kacamata hitam (Sunglasses)
    Disaat kita sedang berkegiatan di luar ruang yang terpapar sinar matahari yang terasa menyengat sebaiknya gunakan kacamata hitam. Paparan dari sinar matahari sendiri juga dapat berpotensi merusak kulit, mata dan memicu katarak, serta gangguan pada retina.
  10. Kurang minum air mineral
    Tubuh kita membutuhkan air mineral setiap harinya sekitar delapan gelas. Jika kurangnya air mineral bagi tubuh dapat mnegakibatkan tubuh dehidrasi dan akhirnya tidak menghasilkan cukup air mata untuk menjaga mata, agar tetap lembab dan mendapatkan gizi seimbang. Gejala dari dehidrasi seperti mata kering, kemerahan di bagian mata dan dapat mengakibatkan mata menjadi bengkak pada kelopak mata.