Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Beras merah untuk diet terbukti efektif untuk menurunkan berat badan dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras merah memang termasuk dalam jenis makanan pokok karena mengandung karbohidrat di dalamnya. Beras merah dapat dikonsumsi seperti halnya nasi putih yang umumnya sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang yang mulai menyadari keunggulan dari beras merah dibandingkan dengan beras putih. Untuk masalah rasa, nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak dari pada nasi merah. Namun, beras beras mengandung zat gizi yang baik dan tidak ditemukan di nasi putih. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan maka sangat baik untuk menjadikan beras merah untuk diet.

Beras merah dapat menjadi sumber energi bagi untuk dalam aktivitas seharian. Tetapi mengapa beras merah berbeda dengan sumber karbohidrat lainnya? Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang lebih unggul dibanding karbohidrat biasa. Selain itu, beras merah juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk tubuh Dalam 1,5 cangkir beras merah yang dimasak mengandung kurang dari 110 kalori. Beras merah juga mengandung vitamin B yang bermanfaat untuk menarik energi dari makanan yang Anda konsumsi . Selain itu, beras merah juga mengandung magnesium, fosfor, kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, dan kalium untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung.

Manfaat Beras Merah untuk Diet

merah

Beras merah baik untuk pengganti nasi putih. Jenis biji-bijian bergizi ini mengandung 110 kalori per porsi serta 2 gram protein dan serat. Berikut beberapa manfaat dari beras merah untuk program diet.

Dapat Membuat Rasa Kenyang Lebih Lama

Diet rendah karbohidrat sering disarankan oleh para konsultan diet. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa karbohidrat merupakan salah satu zat yang dapat memicu timbulnya lemak di dalam tubuh. Banyak orang yang memiliki mengonsumsi makanan rendah lemak, tetapi tetap tinggi karbohidrat. Meski asma saja, namun peran karbohidrat disini hanya menggantikan lemak yang pada akhirnya dapat membuat perut tetap merasakan lapar karena karbohidrat sederhana dapat diproses cepat oleh tubuh.

Hal ini berbeda dari karbohidrat kompleks yang ada pada beras merah. Karbohidrat kompleks tersusun dari banyak molekul gula yang tinggi akan serat, vitamin dan mineral. Sehingga karbohidrat kompleks akan lebih lama diserap oleh tubuh dan menjadikan perut merasa kenyang lebih lama. Ini membuat nafsu makan Anda menjadi menurun dan program diet dapat berjalan dengan maksimal.

Bagus untuk Sistem Pencernaan

Manfaat beras merah untuk diet selanjutnya adalah baik untuk sistem pencernaan. Perlu Anda ketahui bahwa jumlah serat pada beras merah 6 kali lipat lebih tinggi dibanding dengan beras putih. Serat merupakan zat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Jadi, dengan mengonsumsi beras merah secara rutin, saluran pencernaan akan terjaga kesehatannya. Bahkan, serat juga dapat bermanfaat untuk mengontrol gula darah, menurunkan tisiko wasir dan kanker, dan mengusir kolesterol yang berkumpul di dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Obesitas

Kandungan pada beras merah tentu saja baik untuk mengurangi risiko terjadinya obesitas. Dengan rutin mengonsumsi beras merah sebagai makanan pokok sehari-hari membuat Anda terhindar dari keinginan makan dengan porsi yang banyak. Makan dengan porsi yang banyak dan memiliki kandungan lemak yang tinggi merupakan pemicu utama seseorang obesitas. Sehingga beras merah menjadi solusi sederhana agar terhindar dari penyakit tersebut.

Mengandung vitamin B6

Dengan mengonsumsi satu porsi beras merah untuk diet maka kebutuhan vitamin B6 yang tergabung ke dalam vitamin B kompleks akan terpenuhi sebanyak 23%. Jumlah tersebut dapat memberikan manfaat untuk organ di dalam tubuh. Vitamin ini penting untuk membantu menyeimbangkan pengembangan serotin, yakni hormon yang membantu dalam menciptakan DNA.

Mengandung Mineral Penting untuk Menepis Radikal Bebas

Beras merah merupakan sumber mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah mangan dan seng. Mangan berfungsi untuk menyiapkan energi bagi tubuh untuk mendukung berbagai aktivitas seharian. Mangan juga merupakan elemen penting yang bersifat antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dibentuk setelah tubuh mendapatkan energi.

Sedangkan zinc memiliki aktivitas untuk menyembuhkan luka untuk menjaga mekanisme pertahanan tubuh agar dapat berfungsi maksimal. Zinc atau seng juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat mendukung kerja dari mangan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak jaringan serta sel di dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan magnesium pada beras merah merupakan nutrisi ideal untuk mendukung kesehatan tulang. Dengan kandungan tersebut, struktur tulang akan menjadi lebih sehat dan kuat. Sedangkan kekurangan magnesium dapat menyebabkan seseorang terkena osteoporosis serta menurunkan kepadatan tulang di kemudian hari. Selain itu, rutin mengonsumsi beras merah juga baik untuk meredakan masalah sendi.

baca juga : cara mengatasi perut buncit tradisional secara alami

Itulah beberapa manfaat beras merah untuk diet yang perlu Anda ketahui.